Buku Pengayaan

  • Mari mengenal Megalitik Pasemah

    Peninggalan-peninggalan budaya Megalitik Bumi Pasemah, menunjukkan keagungan dan mengandung unsur kemegahan, dengan bentuknya yang khas, unik, dan langka. Peninggalan megalitik tersebut, beberapa diantaranya memberikan kesan monumental, sekaligus sakral. Hal ini diperkuat oleh posisi peninggalan yang berada di dataran tinggi, dengan tinggalan megalitik yang sengaja diarahkan menghadap ke Gunung Dempo.

    DOWNLOAD
  • Berpetualang ke Karawang Yuuk!

    Situs Tanjungsari terletak di Kabupaten Karawang, tepatnya di Kampung Talun Dadap, Desa Tanjungsari, Kecamatan Cilebar, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Peninggalan budaya masa lalu berupa artefak di situs Tanjungsari memiliki kemiripan dengan artefak-artefak dari situs Buni di Bekasi dan situs Batujaya di Karawang. Artefak yang memiliki kemiripan yaitu bentuk dan pola hiasan wadah-wadah tembikar yang ditemukan, manik-manik, serta pola penguburan manusianya.
    Kebudayaan di ambang akhir masa prasejarah di wilayah Bekasi dan Karawang tersebut dikenal dengan istilah Kebudayaan Buni.

    DOWNLOAD
  • Bencana dan Peradaban Tambora 1815

    Indonesia sebagaimana diketahui dikenal dunia sebagai negeri yang paling banyak memiliki gunung berapi . Gunung Tambora hanya salah satu di antara 127 gunung lain yang berada di dalam kawasn cincin api. Gunung ini istimewa karena meletus sangat hebat pada tahun 1815, dan melenyapkaan peradaban Tambora dan Pekat, bahkan merubah iklim dunia. Dalam dec-ade lalu Pusat Penelitian Arkeologi Naional dan Balai Arkeologi Denpasar mulai intensif melakukan penelitian di sini. Dari sanalah banyak hal telah diungkap dan dimaknai tentang peradaban Tambora yang sebelumnya tidak banyak diketahui.

    DOWNLOAD
  • Situs Gunung Penanggungan

    Situs Gunung Penanggungan menempati posisi yang terbilang istimewa dalam sejarah kebudayaan Indonesia. Di gunung yang di masa lalu dianggap suci ini, banyak dijumpai bangunan purbakala dalam berbagai bentuk dan jenisnya. Ia akhirnya menjadi gunung terkayayang pernahdimiliki duniaarkeologi Indonesia. Kepurbakalaan yang ada seolah mengisi kekosongan catatan sejarah di masa peralihan, antara masa Majapahit Akhir hingga mulai berkembangnya pengaruh Islam di Nusantara.

    DOWNLOAD
  • Rumah Peradaban Sriwijaya

    Pengembangan pengetahuan tentang Kadatuan Sriwijaya tak ubahnya sebuah kisah Perjalanan Suci atau Mangalap Siddhayatra, kata yang tertulis dalam Prasasti Kedukan Bukit. Kita tak pernah tahu kapan perjalanan itu akan berakhir. Bahkan bisa jadi, memang tak akan pernah berakhir. Ketika sebuah data baru ditemukan, ketika sebuah tafsir baru dikemukakan, di situlah baru akan disadari bahwa Perjalanan Suci ini memang tiada berujung. Kisah yang telah terangkai dan disepakati bersama

    DOWNLOAD
  • Berpetualang Ke Gua Harimau

    Kali ini kami, Kak Arko dan Kak Lolita, akan mengajak kalian berpetualang menjelajah ke masa lampau untuk menguak misteri tentang asal-usul leluhur kita. Pernahkah kalian bertanya, siapakah mereka? Dari mana asal-usulnya? Bagaimana mereka hidup? Nah, ilmu yang mempelajari kehidupan di masa lampau melalui peninggalan-peninggalannya dinamakan Arkeologi. Sedangkan orang yang melakukan penelitian tersebut dinamakan Arkeolog, atau ahli purbakala. Itulah kami!

    DOWNLOAD
  • Pesona Budaya Sumba

    Pulau Sumba yang dikelilingi lautan ini memiliki pemandangan yang sangat cantik. Lingkungan alam yang masih asri dengan padang savana yang terbentang luas, ternak-ternak yang dibiarkan bebas berkeliaran di alam, hutan yang terjaga dan pantai perawan yang berombak besar membuat Sumba sangat menarik untuk dikunjungi. Pesona Sumba semakin terasa ketika ritual mulai bicara, dimana ritual yang berintikan pada pemujaan leluhur ini menjadi tujuan hidup mereka

    DOWNLOAD
  • Mari ke Sangiran

    Sangiran sebuah laboratorium kehidupan purba dengan kekayaan tinggalan yang dikandungnya. Di situs tersingkap lapisan-lapisan tanah yang menggambarkan evolusi lingkungan sejak sekitar 2,5 juta tahun yang lalu hingga sekarang. Lapisan tanah pengandung fosil dan artefak purba sangatlah tebal mencapai ratusan meter hingga menjadikannya kawasan penting bagi penelusuran kehidupan purba.

    DOWNLOAD
  • Rumah Peradaban MedalSari

    “Belajar dari masa lampau”, itulah landasan konsep Rumah Peradaban. Dalam proses pembelajaran itu, Nilai dan capaian-capaian leluhur-leluhur masa lalu di bumi Nusantara perlu diteliti dan diaktualisasikan untuk landasan peradaban masa kini. Perkembangan sejarah, budaya, dan nilai-nilaiitu sekaligus menjadi sumber inspirasi dan pengembangan dalam membangun bangsa yang berkeindonesiaan ke depan.

    DOWNLOAD
  • Ke Gua Harimau, Siapa Takut ?

    Apa sih hubungan Gua Harimau dengan Rumah Peradaban? Pertanyaan ini bisa saja muncul ketika membaca judul di atas. Begini, Gua Harimau pernah dihuni manusia ribuan, bahkan puluhan ribu tahun yang lalu. Berbagai sisa kehidupan mereka terdepositkan di dalam lapisan-lapisan tanah di lantai gua, hingga sebagian ditemukan dalam penelitian. Sisa-sisa itulah yang menjelaskan kepada kita jika di masa silam gua ini dihuni manusia turun temurun dari generasi ke generasi.

     

    DOWNLOAD
  • Mempelajari Leluhur Dari Gua Harimau

    Penelitian tentang jejak-jejak peninggalan manusia prasejarah di Gua Harimau, Desa Padang Bin­du, Kecamatan Semidang Aji, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan sejak 2009 lalu oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional membuka tabir kekayaan tinggalan arkeologis yang luar biasa. Salah satu di antaranya adalah ditemukannya lukisan-lukisan cadas di dinding gua yang selama ini belum ditemukan di Sumatera, juga peninggalan-peninggalan bekal kubur dari logam yang mengindikasikan bahwa manusia prasejarah di Gua Harimau telah berhubungan dengan dunia luar sejak ribuan tahun lalu.

    DOWNLOAD